Pemprov Jatim dan Tokopedia Kolaborasi Dongkrak Kinerja UMKM di Jatim

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Tokopedia berkolaborasi untuk mendongkrak penjualan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur melalui kegiatan Jatim Fair Hybrid 2021.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengatakan, lewat kegiatan Jatim Fair Hybrid 2021 yang berlangsung hingga 13 Oktober 2021, UMKM Jawa Timur bisa menjangkau lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia yang tersebar di 99% kecamatan di Indonesia.

Mereka juga berkesempatan mengikuti pelatihan dari Tokopedia berkaitan dengan pemanfaatan platform digital dalam berbisnis online. Dia juga berharap UMKM mendapatkan pengalaman sama ketika mereka mengikuti kegiatan serupa pada tahun lalu.

“Jatim Fair Hybrid tahun lalu membawa dampak signifikan bagi para pegiat UMKM di Jawa Timur. Bahkan ada UMKM yang mengalami kenaikan transaksi mencapai 3,5x lipat jika dibandingkan dengan sebulan sebelum mengikuti kegiatan tersebut,” kata Astri, Selasa (12/10/2021).

Astri menerangkan, kategori makanan dan minuman, dapur, rumah tangga serta fesyen pria dan wanita merupakan kategori paling populer selama Jatim Fair tahun lalu. Dia berharap Jatim Fair yang diadakan secara offline sekaligus online (hybrid) tahun ini bisa kembali membawa manfaat bagi masyarakat khususnya UMKM di Jawa Timur.

“Selama Jatim Fair Hybrid 2021 berlangsung, kami menghadirkan berbagai benefit yang dapat membuat masyarakat lebih efisien dalam berbelanja kebutuhan harian, seperti Flash Sale mulai dari Rp760, cashback hingga 50%, bebas ongkir, serta promo menarik lainnya,” ujar Astri.

Astri menambahkan, bahwa Tokopedia ke depannya akan terus berfokus go local. Mengingat potensi pasar tanah air masih sangat besar, pihaknya akan terus mengupayakan berbagai kolaborasi untuk mendorong produk UMKM lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia agar sebagai sebuah bangsa Indonesia bisa bangkit bersama memulihkan ekonomi nasional.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, kegiatan Jatim Fair ke-12 merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-76 Pemprov Jawa Timur yang dimulai dengan semangat untuk membangkitkan ekonomi. Yakni semangat kebangkitan UMKM, IKM, dan para pelaku usaha terutama penerima bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan.

“Kehadiran di Jatim Fair bersama-sama menjadi bagian dari pelaku sejarah, bahwa dari bumi kota Surabaya ini kita bangkitkan semangat,” ujar Khofifah.

Sumber: https://investor.id

Pemprov Jatim dan Tokopedia Kolaborasi Dongkrak Kinerja UMKM di Jatim

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 5 =